F-Star Mizone banner

Halaman

Kamis, 15 Maret 2012

SEKOCI : TEMPLATE SEO FRIENDLY

| Kamis, 15 Maret 2012 | 1 komentar

SEKOCI Blog kali ini akan membahas seputar template SEO Friendly. Istilah Template SEO friendly ini saya temukan saat blogwalking ke beberapa blog sahabat-blogger yang membahas tentang hal tersebut pada postingan blognya. Sebagai seorang newbie, terus terang saya menjadi bingung dan berpikir, Apakah yang dimaksud dengan Template SEO Friendly itu sendiri ? Bagaimana bentuk templatenya ? Apa kelebihan template jenis ini dibandingkan dengan template-template yang lainnya ? Apakah dengan menggunakan template jenis ini, kemudian semua postingan blog kita akan terindeks oleh Google search engine secara otomatis ?

Ditengah kebingungan dan ke-galau-an, saya berusaha blogwalking lagi untuk mencari jawabannya atau sekedar pengetahuan tentangnya. Di tengah kebuntuan tersebut akhirnya saya menemukan suatu jawaban yang rada antagonis yaitu : SEO friendly atau tidaknya suatu template blog sepenuhnya bergantung kepada kombinasi atau susunan head dan meta-tag yang ada pada template tersebut. Nah lho ...., kontradiktif sekali nampaknya. Selain hal tersebut, saya temukan pula bahwa sebuah template yang tidak SEO friendly bisa dirubah menjadi SEO friendly dengan jalan optimasi blog. Nah khan ...., semakin kontadiktif sekali.

Yah ..., dari pada bingung, akhirnya saya coba otak-atik template blog yang saya pakai ini dengan jalan merubah struktur dan susunan head beserta meta-tag nya, berdasarkan struktur yang tersebut di bawah ini  :

<head>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title>Bams | Dunia Blog 888</title>
<meta content='berkisah tentang musik, blog dan kehidupan' name='description'/>
<meta content='dunia, blog, dunia blog' name='keywords'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>

<title><data:blog.pageName/> | Bams</title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Keywords'/>
</b:if>

<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='2 days' name='revisit-after'/>
<meta content='id' name='language'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='global' name='distribution'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='lK_9GJMod4Hm560fvsSGINOO0B_0FezzRHo5jabu98Y' name='google-site-verification'/>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
  
    <b:skin><![CDATA[/*

Catatan : Ganti aja tulisan yang berwarna merah dengan data-data yang sesuai dengan blog anda (jika anda ingin melakukan optimasi blog yang anda miliki).

Selanjutnya saya lakukan optimasi blog, yang pertama mengoptimasi gambar-gambar yang ada dalam setiap postingan blog agar dapat terbaca oleh Google-bot, yang kedua adalah melakukan pemasangan navigasi breadcrumb untuk memudahkan pengunjung maupun Google-bot, yang ketiga saya pasang script permalink dalam rangka memaksimalkan inbound-link, yang keempat saya maksimalkan fungsi Google-webmaster untuk mengindeks sekaligus meng-crawl setiap postingan blog ini, yang kelima membuang script-script html yang tidak perlu.

Hasilnya adalah, walaupun blog saya ini baru seumur jagung, namun seluruh postingan yang ada telah terindeks dengan baik oleh Google search engine. Oleh karenanya saya sampai kepada suatu kesimpulan bahwa, SEO friendly atau tidaknya suatu template itu terletak pada kombinasi susunan head dan meta-tag blognya. Dengan kata lain template SEO friendly pun bisa menjadi tidak friendly bilamana kombinasi susunan head dan meta-tagnya tidak mendukung.

Kiranya cukup sampai di sini celoteh aku yang newbie ini, bila ada salah kata, mohon dimaafkan

Sumber tulisan :  http://duniablog888.blogspot.com/2012/03/seputar-template-seo-friendly.html


1 komentar:

jerry mengatakan...

;)) Berarti yang harus diatur itu kombinasi head dan meta-tag nya toh ....

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Indikator Blog

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net free counters

Komentar Pengunjung

Artikel-artikel Populer

© Copyright 2012. www.esembe888.blogspot.com. All rights reserved | ESEMBE888 is proudly powered by Blogger.com | | Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net | Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net |
susi's Profile on Ping.sg